Kamis, 18 Mei 2017

Mau Lihat Stonehenge Ga Harus Jauh-Jauh ke Inggris, di Jogja Ada lho.

Wisata Baru Yang Ada Di Dekat Gunung Merapi Cangkringan Sleman Yogyakarta, Menjadi Lokasi Populer Terbaru Dijogja Untuk Spot Foto / Sport Instagram Photography. Siapa yang tak tahu soal monumen Stonehenge yang tersohor di Inggris. Kini tak perlu jauh-jauh ke Inggris, di lereng Gunung Merapi pun kini ada Stonehenge! Berada di area seluas 200 meter persegi, gugusan batu raksasa Stonehenge bisa menjadi latar foto yang apik. Apalagi jika cuaca cerah, langit biru yang luas dan hamparan rumput hijau menjadi alas bebatuan setinggi sekitar 4 meter ini sangat memanjakan mata.



Stonehenge adalah sebuah bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu dan Neolitikum. Letaknya tak jauh dari Amesbury di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Stonehenge merupakan sebuah monumen batu peninggalan manusia purba. Stonehenge sendiri terdiri dari tiga puluh batu tegak (sarsen) dengan ukuran yang sangat besar (masing-masing batu pada mulanya seragam tingginya, yaitu 10 meter dengan masing-masing batu mempunyai berat 26 ton), semua batu tersebut disusun dengan bentuk tegak melingkar yang dikenal sebagai megalitikum. Stonehenge berasal dari kata Stone dan Henge. Stone berarti batu, sedangkan Henge berarti lingkaran.

Pengen ke sini ? Haruskah ke Inggris nun jauh sana ??
Gak perlu jauh-jauh ke Inggris, di Jogjakarta ada lho replika Stonehenge. Yuuuups ... Stonehenge ala Jawa ini dibangun (terletak) di Lereng Gunung Merapi, Dusun Petung Desa Kepuharjo Kec. Cangkringan Kab. Sleman Jogjakarta. Suasana indah, nyaman, udara sejuk khas pegunungan. Oiyaaaa Stonehenge ini dikelilingi kebun kopi. Jika cerah dan beruntung, Merapi akan tampak jadi background Stonehenge. Sehingga makin indah utk background view' berfoto-foto ria ..
Denger2 sih per 13 Pebruari 2017 Stonehenge ini ditutup, pun dengan The Lost World Castle ditutup juga. Penutupan ini dikarenakan 2 bangunan tersebut dibangun di Kawasan Rawan Bencana (KRB) dan tak berijin.

Selain di Stonehenge Lereng Merapi, Indonesia juga punya bangunan/obyek wisata alami dg konsep/mirip Stonehenge Inggris antara lain Standing Stone Restaurant yg ada di Bali. Itu sebuah restoran di Bali yg salah satu sudutnya terdapat susunan batu-batu tegak. Tak kalah eksotis, Batu Solor yg terletak di Bondowoso juga mirip Stonehenge, malahan lebih dulu dikenal dg Stonehenge Van Java.

Indonesia itu kaya.
Indonesia itu indah.
.
.
Lokasi : 📌 Stonehenge Lereng Merapi Dusun Petung Desa Kepuharjo Kec. Cangkringan Kab. Sleman Jogjakarta


Lokasi Alamat Objek Wisata Stonehenge Jogja
Lokasi berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Stonehenge kini menjadi tujuan wisata alternatif selain menikmati panorama Gunung Merapi.

Yogyakarta > ambil jalur menuju kaliurang > jl. Kaliurang > kaliadem > bebeng > dusun Petung > lalu melewati kopi merapi > kemudian terus ke Timur > Stonehenge

Harga Tiket | HTM Stonehenge Jogja The Lost World Castle

Cukup membayar Rp 5 ribu, pengunjung bisa puas berfoto di lokasi ini. Salah seorang warga setempat yang juga menjadi pengelola, Remon (37) menjelaskan, Stonehenge didirikan untuk memberdayakan desanya yang kini tak lagi bisa ditinggali karena berada di kawasan rawan bencana 3. Stonehenge dipilih karena rencananya akan diselaraskan dengan bangunan kastel yang berjarak sekitar 200 meter. Namun, kini bangunan kastel itu telah ditutup karena melanggar sejumlah peraturan.

Dusun Petung memang menjadi salah satu destinasi yang dilalui oleh Jeep Lava Tour di kawasan Lereng Gunung Merapi. Erupsi yang terjadi pada tahun 2010 meluluhlantakkan dusun ini.

Oh yah Buat Anda yang Ingin Mencoba Wisata Lava Tour Dan Juga Berkunjung Ke Stonegenge Jogja Bisa dipelajari Tawaran Paket Wisata Jogja Dari Kami, Info Detail Bisa Dilihat Link Dibawah Ini:

Ketika datang ke tempat ini alangkah baiknya jika di tengah siang bolong karena terik sinar matahari yang menerpa bangunan ini jadi seolah makin cantik dan indah sekali.

Wisata Jogja ini berada di atas rumput nan hijau dengan ketinggian batuan kurang lebih 4 meter yang sangat memanjakan mata wisatawan. Stonehenge ini sebenarnya untuk melengkapi destinasi alternatif wisata selain wisata Gunung Merapi
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner