Selasa, 09 Mei 2017

Menikmati kesegaran Wisata bawah air Umbul Ponggok

Wisata ai umbul Ponggok

Halo guys, kali ini travelmatesjogja.com akan sedikit berbagi cerita mengenai Umbul Ponggok,
sebuah tempat wisata bawah air yang segerrr abis. Berlokasi tidak jauh dari Yogyakarta, tepatnya di kota klaten, kurang lebih 1 jam dari kota jogja. Sekilas tempat ini sama seperti kolam yang berbentuk persegi panjang ini tampak seperti kolam renang biasa. Tapi sebenarnya umbul ponggok adalah kolam alami yang dikembangkan menjadi tempat wisata yang asik.

Terdapat banyak jenis ikan dengan berbagai warna yangberaneka ragam serta dasar kolam yang indah menjadikannya sebagai lokasi favorit terutama bagi anda yang menyukai snorkeling. Seperti yang kita ketahui, snorkelling merupakan wisata air yang sangat menyenangkan. Akan tetapi,  Aktivitas ini hanya bisa dilakukan di area pantai atau laut dengan karakteristik gelombang yang tenang, memiliki terumbu karang serta biota laut yang indah. Oleh karena, itu aktivitas snorkling tidak bisa dilakukan disemua tempat. Selain itu, faktor keamanan menjadi pertimbangan sebelum melakukan snorkling.

Umbul ponggok seolah menjawab keinginan anda yang belum memiliki kesempatan bersnorkelling di taman laut yang indah nan terkenal, karna di Umbul ponggok anda bisa mendapatkannya. Selain itu, snorkling di umbul ponggok lebih aman karna  umbul ponggok bukan sebuah laut tetapi  sebuah kolam  yang luas dengan sumber mata air alami yang bening dan sangat segar. Umbul ponggok Memiliki luas 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter tempat ini sangat ideal untuk snorkling.

ada ribuan ikan warna-warni sehingga memberikan nuansa seperti di bawah laut. Hal inilah yang membedakan kolam umbul ponggok dengan kolam tempat wisata lain yang kebanyakan biasanya merupakan keramik sebagai dasar kolam. Selain itu,  air kolam selalu mengalir sehingga air kolam sangat terjaga kebersihannya dan bebas amis meski dipenuhi banyak ikan.



Wisata air di Umbul Ponggok Klaten

Selain snorkling, pengelola juga menydiakan perahu – perahu kayuh bagi anda yang ingin berkeliling untuk sekedar menikmati pemandangan.  Sedangkan untuk anak – anak pengelola juga menyediakan kolam khusus dengan ukuran yang lebih pendek sehingga aman untuk berenang atau sebatas bermain air.

Satu hal penting  yang tentunya tidak bisa anda lewatkan saat berkunjung ke umbul ponggok adalah sesi foto di dalam air atau. Bagi anda yang tidak mempunyai kamera bawah air tidak perlu khawatir, Di umbul ponggok banyak tersedia tempat penyewaan kamera bawah air dengan tarif berkisar antara Rp 60.000 selama 30 menit dan satu jam Rp 100.000. Namun jika anda ingin pemotretan yang berkonsep, anda juga bisa memanfaatkan jasa pemotretan underwater yang ada dengan harga relatif murah.


Umbul Ponggok
Lokasi: Jl. Sultan Agung, Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah
Telepon: 0856 4739 4012
Tiket Masuk: Rp5.000,- | Snorkeling: Rp10.000,- | Sewa kamera: Rp100.000,-


Rute Menuju Umbul Ponggok Klaten

Jika Perjalanan di mulai dari arah kota solo, atau sukoharjo, dan sekitarnya, Jalur paling dekat  adalah Melewati jalan raya solo- jogja.  Menuju arah barat , nanti akan ketemu daerah Delanggau lalu di lanjutkan menuju ke arah di Terminal Penggung Klaten disebelah kiri jalan raya. Terminal bus  ini pas berada di  jalan simpangan lampu traffic lightmenuju ke Desa Ponggok.

Dari situ pengunjung bisa mengambil rute menuju ke arah kanan , lurus saja mengikuti jalan sampai bertemu kantor Koramil yang berada di sebelah kiri jalan raya. Dari pertigaan tersebut pilih rute ke  kanan, Tinggal mengikuti jalan tersebut sampai plang umbul ponggok terlihat dengan jelas.
Rute arah umbul ponggok dari arah jogja. Perjalanan bisa dimulai dari arah Jogja-Solo, lurus saja ketimur sampai bertemuR SUD Suradji Tirtonegoro masih lurus menuju ke arah kota klaten.Ikuti Jalan sampai bertemu dengan GOR Gelarsena Klaten. Setelah bertemu  GOR Ambil jalur ke arah kiri, Ikuti jalan sampai bertemu kantor koramil, Setelah kantor koramil ambil arah kanan ikuti jalan sampai bertemu plang umbul ponggok.

Wisata air Umbul Ponggok Klaten

Tips Piknik Ke umbul ponggok

Terakhir saran bagi anda yang ingin melakukan pemotretan di Umbul Ponggok, sebaiknya datang pada hari Senin – Jumat pukul 07.00 – 09.00 WIB atau pukul 14.00 – 16.00 WIB. Sedangkanuntuk  akhir pekan disarankan datang pukul 07.00 – 09.00 WIB.

Sesi foto di pagi atau sore hari di umbul ponggok akan menghasilkan hasil foto yang sangat maksimal dengan kualitas gambar yang sip. Waktu – waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk melakukan pengambilan gambar karena air umbul lebih jernih. Selain itu faktor pencahayaan matahari yang mempengaruhi kualitas gambar sangat menentukan.

Biasanya pada jam – jam tersebut cahaya matahari datang dari arah samping  sehingga membuat gambar menjadi lebih bagus. Akan tetapi jika disiang hari sinar matahari pas di tengah sehingga pencahayaannya membuat kualitas gambar kurang maksimal. Selain itu, ketika siang hari, pengunjung akan tumpah ruah di umbul ponggok ini, sehingga foto-foto anda akan kurang berkesan.



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner