Selasa, 16 Mei 2017

Exotisme Wisata Alam Goa Jomblang, Gunung Kidul, Yogyakarta



Exotisme Wisata Alam Goa Jomblang, Gunung Kidul, Yogyakarta

Wisata alam di yogyakarta, beberapa orang sering bertanya dimana wisata adventure di jogja ? nah, kali ini kita akan berbagi info mengenai sebuah tempat wisata yang menjadi favorit untuk dikunjungi.

Sejarah dan asal usul Goa Jomblang

Wisata Alam Goa Jomblang Gunung Kidul ini dibalik ke eksotisannya ternyata memiliki cerita sejarah yang sangat kelam. Pada era tahun 1970-1980 an, goa ini ternyata dipakai sebagai lokasi dari pembunuhan massal anggota PKI. Bahkan ratusan anggota PKI ini dibunuh secara sadis dan bahkan sangat kejam di goa Jomblang tersebut. Menurut cerita dari masyarakat sekitar yang sudah lama mendiami lingkungan di dekat goa tersebut, dulunnya anggota PKI dikumpulkan secara berkelompok dan setelah itu merka dijejerkan tepat di bibir goa dengan tangan yang sudah saling terikat satu dengan yang lain. Dan ketika salah satu dari mereka ditembaki sampai jatuh ke dalam gua, maka anggota lainnya pun semua akan ikut terjatuh karena diikat bersamaan. Karena kisah ini juga sebelumnya sempat membuat takut masyarakat setempat ditambah lagi dengan cerita-cerita angker seputar tentang goa tesebut. Diceritakan juga bahwa adanya penjelajah dan wisatawan yang tiba tiba hilang di goa tersebut. Dan pada tahun 1990 masyarakat di sekitar goa sepakat untuk menggelar doa bersama di goa tersebut. Dan setelah sejak saat itu, tidak ada cerita atau kejadian lagi penjelajah goa yang hilang karena ditelan Goa Jomblang Gunung Kidul.

ketika saat berada didasar goa, kita dapat menemukan beberapa tumbuhan yang tumbuh subur dan merimbun, pada dinding kapur di dalamnya ditumbuhi banyak sekali tanaman perdu. Setelah sampai dasar, penjelajah juga dapat beristirahat pada sebuah bilik yang alami karena bentukan alam. Selanjutnya setelah penjelajah dapat meneruskan perjalanan dilanjutka dengan menyusuri lorong yang menghubungkan goa Jomblang dengan goa vertikal lainnya yang juga ada di sekitar goa jomblang , goa tersebut bernama bernama goa Grubug. Lorong yang juga sebagai penghubung dua goa tersebut cukup lebar dengan panjangnya adalah sekitar 500 meter. Nah , untuk menyusuri lorong penghubung itu penjelajah juga dapat dengan mudah melalui nya karena didalamnya sudah terdapat jalan setapak yang dibentuk dari bebatuan yang telah disusun memanjang. namun , biarpun dapat dilalui dengan mudah , penjelajah juga harus tetap berhati-hati dan waspada karena jalan tesebut sangatlah licin dikarenakan udara dalam gua yang lembab.

Wisata Goa Jomblang

Goa Jomblang memiliki kedalaman goa yang bervariasi, dari 15 meter- 80 meter kamu bisa sampai di dasar Goa. Sesuai kedalamannya untuk memasuki goa jomblang dapat di bagi menjadi beberapa jalur. Jalur Pemula, jalur ini dengan kedalaman 15 meter pertama yang cukup terjal tapi masih bisa di tapaki kaki. Jalur selanjutnya memiliki kedalaman 40 meter yang di sebut jalur C. Jalur B kedalaman 60 meter, jalur A 80 meter merupakan jalur utama yang sampai di dasar goa.

lokasi dan alamat obyek wisata goa jomblang

Goa Jomblang ini terletak di etis Wetan, Kec. Semanu, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893, Indonesia adapun titik GPS dan peta @-8.02866,110.6362083


Tips & Trick


  • Ongkos untuk wisata Wisata Alam Goa Jomblang ini tergolong cukup mahal, yaitu 450,000 IDR / orang (termasuk jemput dari pinggir jalan Wonosari – Semanu, welcome drink, makan siang, dan alat-alat perlengkapan)
  • Karena tarif yang ga murah meriah kaya Goa Pindul, turis yang kesini jg terbatas banget. Waktu itu, total rombongan hanya ada 10 orang, termasuk kami ber 3, di mana 7 dari 10 pengunjung itu adalah WNA, bahkan yang satu-satunya wong Jogja cuma saya, hahaha.. :))
  • Jangan lupa bawa pakaian ganti plus alat mandi
  • Kalau perlu bawa juga kaos kaki, menggunakan sepatu boot cukup lama (apalagi kondisi jalanan becek), sangat berpotensi bikin kulit di kaki jadi lecet *curhat*
  • Best time to visit adalah musim panas (saat matahari cerah secerah cerahnya), pancaran sinar matahari pada dasar Goa akan terlihat sempurna pada pukul 10.00 s/d 12 WIB, jadi usahakan pagi-pagi sudah sampai lokasi


Tempat Eksotis Photo Prewedding Yogyakarta

Bicara tentang foto prewedding, banyak banget pasangan yang saat ini berlomba-lomba untuk melakukan foto prewedding di tempat-tempat indah dengan konsep yang menarik. Tidak sedikit pasangan yang rela mengeluarkan budget lebih untuk mendapatkan hasil foto prewedding yang terbaik. Salah satu tempat tujuan yang kerap disambangi untuk foto prewedding adalah Kota Yogyakarta. Tidak mengherankan karena Yogyakarta menyimpan berbagai keindahan alam yang menarik.
Exotisme Wisata Alam Goa Jomblang, Gunung Kidul, Yogyakarta
Foto Prewedding goa jomblang
Exotisme Wisata Alam Goa Jomblang, Gunung Kidul, Yogyakarta
Foto Prewed Goa Jomblang Via Alvin Photograph


Baca juga : Wisata Snoorkling Jogja di Pantai Nglambor Gunung Kidul, Yogyakarta.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner