Kamis, 18 Mei 2017

Wisata Snoorkling Jogja di Pantai Nglambor Gunung Kidul, Yogyakarta.

Wisata pantai masih menjadi idola tempat rekreasi untuk melepaskan penat dan stress setelah bekerja sekian hari. Berikut ini adalah sebuah pantai yang sering menjadi tempat Wisata Snoorkling Jogja yang juga bisa digunkanan untuk berenang dan melakukan snoorkling. Pantai Nglambor nama pantainya, Ada 2 pilihan rute kalo mau ke Wisata Snoorkling Jogja pantai Lambor. Lewat kota Wonosari tidak melewati TPR sebelum pantai Baron berarti tidak membayar 10rb/orang karena memang tidak mampir ke pantai2 tersebut. Konsekuensinya adalah sedikit lebih lama. Rute kedua adalah menyusuri jalan selatan yang (kami ambil rute ini) berarti harus membayar 10rb/orang. Keuntungannya adalah jalan lebih sepi dan sedikit lebih cepat. Jadi silahkan Anda pilih sendiri. Kalau lewat rute Wonosari maka Anda cari arah pantai Siung. Rute itu akan membawa Anda ke pertigaan sebelah timur pantai Pok Tunggal. Dari pertigaan ini masih sekitar 30 menit sblm sampai pantai Lambor dan masih ada satu loket yang harus dibayar, beruntung cuma 5rb saja

Pantai Nglambor merupakan pantai yang agak tersembunyi, namun menyajikan keindahan bawah laut yang menawan. Begitu banyak kehidupan cantik yang harus dinikmati dan dijaga oleh semua pihak khususnya para wisatawan sendiri.

Di pantai ini wisatawan dapat melakukan penyelaman bawah laut dengan menggunakan peralatan snorkel. Jika Anda tidak mempunyai peralatan snorkel, Anda dapat menyewanya di penyewaan alat-alat selam (snorkel) yang ada di Pantai Nglambor. Penyewaan alat snorkel berkisar antara Rp 35.00 hingga Rp 50.000.

Wisata Snoorkling Jogja di Pantai Nglambor Gunung Kidul, Yogyakarta.
Wisata Snoorkling Jogja di Pantai Nglambor Gunung Kidul, Yogyakarta.

Selain di tumbuhi karang-karang seperti pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul, Wisata Snoorkling Jogja di pantai ini juga terdapat banyak coral-coral, ikan, dan berbagai macam tumbuhan laut yang memungkinkan para wisatawan untuk bersnorkeling ria melihat keindahan bawah laut Pantai Nglambor yang begitu menawan.

Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi snorkeling di kawasan pesisir selatan Jogja yang memiliki panorama bawahlaut menakjubkan dengan ragam terumbu karang dan biota laut. Ikan jenis Sergeant Major, Jambrong dan beberapa ikan kecil lainnya adalah penghuni tetap yang terlihat sering berenang bergerombol atau malu-malu bersembunyi di celah terumbu karang. Pemandangan cantik yang tertutup ombak ini sangat dijaga oleh masyarakat sekitar Pantai Nglambor. Bahkan kawasan pantai ini merupakan daerah budidaya beberapa jenis ikan serta lokasi konservasi terumbu karang dan biota laut lainnya.


Pantai yang di Lindungi Dua Kura-kura Raksasa



Tepat di depan teluk terdapat dua pulau karang yang berbentuk menyerupai dua kura-kura raksasa yang sedang berkejaran. Selain menambah kecantikan panorama pantai, dua pulau karang tersebut ternyata berfungsi sebagai penahan ombak. Masyarakat sekitar sering menyebut dua karang raksasa tersebut  “Watu Kalong” dan “Watu Kuntul”. Bak kura-kura raksasa yang melindungi pantai, kedua karang tersebut bertugas menjinakkan ombak-ombak garang agar tak terlalu keras memukul bibir pantai. Keberadaan dua karang kura-kura raksasa inilah yang membuat terumbu karang Pantai Nglambor tidak rusak dihempas gelombang, sekaligus aman untuk snorkeling.

Selain dua karang kura-kura raksasa, Pantai Nglambor juga diapit oleh bukit kapur yang mempesona. Kita dapat menaklukan bukit kapur tersebut dengan mudah karena treknya yang tidak terlalu terjal. Namun juga harus berhati-hati ketika melakukan trekking. Di atas bukit, kita akan disajikan pemandangan seluruh Pantai Nglambor yang sungguh menakjubkan.


Rute Menuju Pantai Nglambor


Jika dari pusat Kota Jogja, kita ambil arah Wonosari. Selanjutnya ambil arah alun-alun Wonosari. Jalan pelan-pelan menuju ke jalan Baron pertigaan sebelum Polres Gunung Kidul (jalan menuju terminal), ikuti jalan tersebut sampai mendapati pertigaan sesudah kantor Bank BRI lalu ambil ke arah kiri. Kemudian ikuti jalan sampai di Desa Purwodadi. Kita dapat bertanyaa pada masyarakat sekitar letak Pantai Nglambor. Ternyata pantai ini diapait oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan.

Tiket:
Pos Retribusi Pantai Siung: Rp 5.000
Sewa Alat Snorkel: Rp. 35.000 – Rp 50.000


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner