Selasa, 06 Juni 2017

3 Tips Membeli Barang di Malioboro Agar Tidak Ketipu Barang Murahan

Halo guys, kali ini travel mates inigin berbagi sedikit tips mengenai cara berbelanja di malioboro yogyakarta. Kita tahu bahwa maliobro merupakan sebuah tempat perbelajaan yang cukup lengkap yang menjual barang-barang unik termasuk kerajinan tangan untuk oleh-oleh. Biasanya sih wisatawan yang berbelanja disini terkadang suka kalap karena harga yang ditawarkan sangat murah meriah. Tapi guys, Kalo kalian berbelanja dengan harga murah, yakin barangnya ga murahan?

Barang-barang yang dijual di malioboro

Berikut ini travel mates ingin sedikit share bagaimana car amendapatkan barng di malioboro agar tidak ketipu barnag murahan.


1. Pastikan anda mengetahui material/jenis barang yang anda beli

Umumnya yang sering yang sering dijual di malioboro adalah pakaian seperti batik, kaos dan produk-produk kerajinan tangan seperti tas dan sepatu. Banyak penjual di malioboro menawarkan harga dengan sangat murah, tapi guys, ingat jangan langsung tergiur dengan harga yang sangat murah!.
Tips dari Travel Mates, Malioboro memiliki beberapa kelas barang mulai dari kelas yang murah hingga yang mahal, Jika kalian mampir diemperan toko kemungkinan besar barang yang dijual adalah kelas barang yang biasa, sedangkan jika kalian masuk ketoko-toko yang memiliki brand/merek tertentu anda akan mendapatkan barang yang setimpal dengan harga.

Tips membeli kaos. Ada beberapa bahan kaos yang cukup panas digunakan yaitu bahan Kardet dan yang cukup dingin dan bagus adalah bahan katun 90% , sedangkan apabila ada kain dengan bahan Polyester ini juga cukup panas, tanyakan saja pada penjualnya, Bahan yang digunakan apa?


2. "Ada Harga Ada Barang" 
Ini bisa disebut sebuah pepatah atau ungkapan, bahwa harga sesuai dengan kualitas barang yang ditawarkan. Tetapi, anda perlu berhati-hati terhadap harga, Pastikan anda tidak langsung membeli sebuah barang, tapi tanyakanlah pada beberapa tempat penjual yang tidak berdekatan, berapakah harga yang ditawarkan.

Tawarlah Setengah dari harga barang, tetapi Proses menawar barang, "CURIGALAH APABILA ANDA TAWAR 50% KEMUDIAN LANGSUNG DIBERIKAN" memang beberapa pedangang sering memberikan harga sangat murah, Tetapi anda patut curiga apabila anda tawar dan langsung diberikan, ada beberapa kemungkinan barang yang tersebut dijual memang harganya segitu, atau kualitasnya tidak bagus mangkanya dijual murah.


Nah setelah kalian udah tau barang yang akan kalian pilih, sekarang saatnya kalian menawar barang yang akan kalian beli. Ini bukan toko swalayan yang harganya sudah pasti. Di Malioboro harga barang sangat bervariasi yang jelas kalian boleh banget menawar disini. untuk menawar barang kalian perlu perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Berkomunikasi menggunakan Bahasa Jawa, minimal untuk menawar

Tunjukkan jika kamu adalah orang lokal dengan berbicara dengan Bahasa Jawa. Meskipun kadang terasa aneh, tetaplah merasa percaya diri. Jika kamu benar-benar merasa tidak bisa berdialog dengan Bahasa Jawa, berpura-puralah menjadi seseorang yang sudah tinggal lama di Jogja.
Salah satu tips belanja di Malioboro yang sudah banyak dikenal adalah untuk menggunakan bahasa Jawa. Meskipun simpel, hal ini seringkali membuat para pedagang mau untuk menurunkan harga dan memberi diskon. Ucapan-ucapan sederhana seperti “Niki pinten, Bu?” (“Ini berapa, Bu?”) atau “Saged kirang mboten?” (Bisa kurang atau tidak?”) bisa coba kamu praktekkan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

2. Bersikap ramah

Mungkin ini bisa dibilang sebagai salah satu tips belanja di Malioboro yang sering dilupakan oleh para pelancong. Kadang banyak wisatawan lupa untuk bersikap ramah. Padahal dengan bersikap ramah, para penjual menjadi senang dan ada kemungkinan mereka menurunkan harga untukmu. Sebelum menawar, tersenyumlah dan ucapkan salam. Lalu setelah selesai, walaupun kamu pada akhirnya tidak membeli, tetap ucapkan terima kasih. It could lighten up someone’s day!

3. Berlagak tidak butuh

Walaupun kamu sangat tertarik dengan satu barang, jangan perlihatkan kalau kamu sangat suka. Apalagi jika kamu sampai berkata jika kamu butuh barang tersebut. Hal ini akan penjual tersebut meninggikan harga karena merasa dibutuhkan. Semakin kamu terlihat desperate, semakin penjual akan meninggikan harga.

Terimakasih sudah mengunjungi web kami, jika anda membutuhkan tourguide wisata jogja bisa langusng hubungi kami travelmatesJogja.com



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner