Kamis, 08 Juni 2017

Menjelajahi Historikal Sejarah dan Tempat Wisata di Sekitar Kotagede Yogyakarta

Kota gede, itu apa? Nama 'Kotagede' diambil dari nama kawasan Kota Lama Kotagede, yang terletak di perbatasan kecamatan ini dengan kabupaten Bantul di sebelah selatan.Sebelum 1952 wilayah ini merupakan bagian dari Kasunanan Surakarta (merupakan sebuah enklave). Semula, Kotagede adalah nama sebuah kota yang merupakan Ibukota Kesultanan Mataram. Selanjutnya kerajaan itu terpecah menjadi Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Apa istimewanya kota gede. Kota gede menyimpan sejarah kesultan yogyakarta dan keraton surakarta. Pada awalnya merupakan sebuah awal mula berdirinya kesultanan surakarta kemudian terbagi kini menjadi jogja dan solo. Kota gede menjadi historikal karena sejarahnya, selain itu juga keaslian bangunan-bangunan ditempat ini masih tetap dipertahankan hingga sekarang. Jika kalian berkunjung ke kota gede kalian masih dapat melihat bangunan model tempo dulu.

Tempat Wisata di Sekitar Kotagede Yogyakarta Disana, Anda akan menemukan banyak bangunan tua, sehingga seakan-akan Anda telah masuk kedalam lorong waktu dan berada di tahun 1700 an. Jadi, tidak heran jika daerah ini disebut dengan Kota Tua. Di daerah Kotagede, ada sekitar 170 bangunan kuno yang dibangun antara tahun 1700 sampai dengan 1930 an.

Kompleks Makam Pasarean Mataram dan Masjid Besar Mataram
Kompleks Makam Pasarean Mataram dan Masjid Besar Mataram


Kompleks Makam Pasarean Mataram dan Masjid Besar Mataram

Suasana tradisional masih sangat terasa di kota ini, misalnya terlihat di kompleks Masjid Besar Mataram yang terasa masih seperti di lingkungan kraton, lengkap dengan pagar batu berelief mengelilingi mesjid, pelataran yang luas dengan beberapa pohon sawo kecik, serta sebuah bedug berukuran besar.

Selain itu di Kotagede juga terdapat makam raja-raja Mataram bernama komplek Pasarean Mataram dimana terdapat antara lain makam Panembahan Senopati. Namun kemudian komplek makam raja-raja Mataram selanjutnya dipindahkan ke daerah Imogiri oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo saat masa pemerintahannya.

Kompleks Makam Pasarean Mataram dan Masjid Besar Mataram
Masjid agung kota gede via indonesiakaya.com

Masjid Mataram Kotagede didirikan tahun 1640 atas prakarsa Sultan Agung dan dibantu oleh warga sekitar Kotagede yang saat itu banyak menganut agama Hindu dan Budha. Pengaruh Hindu dan Budha juga dapat terlihat dari berbagai ornamen yang ada di masjid berusia ratusan tahun ini.

Di sekitar masjid, terdapat sebuah prasasti yang menceritakan proses pembangunan masjid ini. Menurut keterangan pada prasasti, masjid ini dibangun dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan oleh Sultan Agung. Bangunan masjid saat itu masih kecil, atau biasa disebut langgar. Pada tahap kedua, pembangunan masjid diteruskan oleh Pakubuwono X, selaku Raja Kesultanan Surakarta.

Untuk memasuki bagian makan setiap orang yang masuk diwajibkan mengenakan pakaian jawa dan menanggalkan sepatunya. Disediakan tempat penyewaanya .

Kompleks Makam Pasarean Mataram dan Masjid Besar Mataram
Pakaian jawa


Lokasi menujut tempat wisata Makam Raja Mataram Kota Gede. Jika adan melewati ringroad timur anda bisa berbelok ke barat menuju jl karanglo, yaitu satu perempatan setelah perempatan yang menuju jalan. 





Di komplek raja-raja mataram kota gede terdapat juga sebuah masjid yang bersejarah, yang diberi nama Mesjid Kotagede yang berlokasi di Jln. Gilang WT, Yogyakarta 55173, Indonesia






Daftar Tempat Wisata di Sekitar Kota Gede


Chocolate Monggo Factory Outlet  

Berlokasi di Jln. Gilang WT, Yogyakarta 55173, Indonesia, Tempatnya agak sulit dicari, karena masuk ke semacam gang. Tempat juga tidak terlalu luas tapi nyaman dan adem. Masukk ke dalam store ada 2 ruangan. yang depan semacam ruang tunggu/tamu dengan desain interior jawa kuno tapi dengan penataan ruangan yang cozy. 

coklat monggo merupakan sebuah industri rumahan yang berlokasi di yogyakarta tepatnya di kota gede yang sekarang juga menjadi salah satu destinasi wisata di yogyakarta.


Display coklatnya juga gak banyak, hanya 2 etalase besar, tapi tertata dengan rapi. Soal varian coklat yang dijual cukup banyak. Dan yang paling membuat saya terkesan adalah soal rasa. Saya adalah orang yang tidak suka coklat, tapi coklat monggo ini benar-benar membuat saya ketagihan untuk makan coklat. Soal rasa, bagi saya ini adalah coklat terenak yang pernah saya makan sampai saat ini. 

Museum demata via momtravellerblog

De Mata Trick Eye 3D Museum

Tidak jauh dari tempat wisata kota gede yogyakarta, ada tempat wisata lain yang juga cukup dekat dan bisa anda kunjungi yaitu museum demata tric eye. yang berlokasi di jalan Jl. Veteran | Basement XT Square, Yogyakarta 55161, Indonesia.  Lokasinya ada di basement gedung, tapi jangan kuatir bakalan kesasar deh. Petunjuk menuju lokasi memadai banget kok. Kami aja yang belum pernah kesana nggak pake nyasar kok hehehe. Untuk urusan wisata, Jogja emang nggak pernah mengecewakan, cukup bayar tiket masuknya Rp. 30.000 kita udah bisa seru-seruan sambil bernarsis ria di museum ini.

Museum demata via momtravellerblog
Oya karena museum ini mengusung gaya 3D, beberapa pose yang memang rada susyeeh untuk diperagakan. Di beberapa bagian, aku harus jumpalitan bahkan rebahan. Lupakan pose cantik deh kalau mau dapet hasil yang memuaskan. So kalau emang ada rencana mengunjungi De Mata Trick Eye sebaiknya pemanasan dulu deh di rumah, supaya badan nggak pegel-pegel setelah sesi foto yang seru disini. 😛


Kebun binatang gembira loka

Kebun Binatang Gembira Loka

Tempat wisata yang dekat dengan daerah kota gede yang bisa anda kunjungi yaitu kebun binatang gembira loka, tempat yang sudah sangat familiar ini memang salah satu tujuan wisata khususnya untuk keluarga yang memiliki anak-anak. Berlokasi di Jl. Kebun Raya no.2 | Kwarasan, Yogyakarta 55171, Indonesia 62 274 373861 kurang lebih 2 kilometer dari tempat wisata kota gede yogyakarta. 
Selain melihat hewan-hewan yang ada dikebun binatang terkadang juga diadakan atraksi hewan seperti gajah dan lain-lain. 

Melihat atraksi gajah, di kebun binatang gembira loka



Sekian informasi mengenai tempat wisata di sekitar kotagede yogyakarta, jika bermnfaat anda bisa membagikanya.



keyword : kerajinan perak kotagede, wisata kotagede yogyakarta, wisata kotagede, pabrik coklat, coklat monggo, harga cincin perak kotagede, kerajinan perak
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner