Kamis, 27 Juli 2017

Keindahan Pantai Watulawang Gunung Kidul

Pantai Lawang Gunung Kidul


Wisata pantai memang primadona, Salah satu pantai di kawasan gunungkidul yang belum banyak traveler yang tahu. Pantai Watulawang ini menawarkan pesona keindahan bebatuan karang berpadu dengan pasir putih yang bersih. Pantai ini kurang begitu populer bagi kalangan wisatawan bisa jadi karena letaknya yang diapit oleh dua pantai yang sudah lebih dahulu terkenal, dua pantai tersebut adalah pantai pantai Indrayanti di sebelah barat dan Pantai Pok Tunggal yang terletak di sebelah Timur pantai Watulawang ini.



Lokasi Pantai Watulawang Gunungkidul

Lokasi,Rute, Jalan Menuju Pantai Watu Lawang – Tak berlebihan rasanya jika Gunung Kidul bisa dikatakan surganya pantai di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pasalnya daerah yang terletak di sebelah tenggara Kota Jogja ini memiliki deretan pantai yang indah. Mulai dari pantai pantai yang namanya sudah populer seperti pantai baron, pantai indrayanti, ataupun pantai siung, baru baru ini mulai banyak pantai yang baru dibuka untuk wisata. Salah satunya adalah pantai watu lawang yang terletak di timur Pantai Indrayanti.

Dinamakan pantai watu lawang lantaran pantai ini memiliki gua batu yang digunakan upacara adat oleh masyarakat setempat. Dalam bahasa Indonesia watu lawang berarti batu yang menyerupai pintu. Menurut masyarakat setempat gua tersebut merupakan napak tilas dari Prabu Brawijaya VI. Pantai ini terbagi menjadi dua yakni disebelah barat goa yang memiliki area pantai tidak terlalu luas dan disebalah timur goa dengan area pantai yang cukup luas. Spot yang menarik di pantai watu lawang ini adalah di gazebo yang terletak diatas batu karang. Untuk menuju gazebo tersebut sudah dibuatkan jembatan bambu.


Lokasi Pantai Watu lawang

Pantai watu lawang persis terletak disebelah timur pantai indrayanti dan sebelah barat pantai Pok Tunggal. atau tepatnya di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Jika kamu sebelumnya sudah pernah ke Pantai Indrayanti pasti tak akan kesulitan untuk menemukan Rute jalan menuju pantai watu lawang. Setelah sampai di pantai indrayanti kamu bisa berjalan ke arah timur sekitar 800 meteran dan lihatlah plang petunjuk jalan ke pantai watu lawang. Dari sini berjalan lagi ke arah selatan sekitar 200 meter. Jalan menuju lokasi pantai watu lawang memang masih sempit dan tidak beraspal sehingga hanya cukup untuk berjalan satu mobil saja.

Cara menuju Pantai Watulawang

Untuk sampai ke pantai ini anda hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam jika dari kota jogja. Anda tinggal ikuti petunjuk arah ke pantai Indrayanti dan selanjutnya menuju pantai Watulawang.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang

Menariknya tiket masuk pantai watu lawang masih menjadi satu dengan kawasan pantai di gunung kidul lain. Jadi dengan membayar retribusi sebesar Rp 10 ribu kamu bisa menikmati pantai watu lawang dan pantai pantai lainya seperti pantai indrayanti, pantai baron, pantai kukup dan lain sebagainya. Fasilitas di pantai watulawang ini lumayan lengkap seperti warung makan,kamar mandi, tempat parkir, dan gazebo.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner