Kamis, 31 Agustus 2017

Seharian Menjelajah Gunungkidul

Yogyakarta telah tersohor akan kebudayaan Jawa-nya yang kental. Tak salah bila julukan The Heart of Java melekat pada kota ini. Banyak wisatawan datang ke Jogja untuk menikmati tradisi asli masyarakat Jawa. Namun, apabila anda menginginkan produk wisata yang berbeda, cobalah mengunjungi Gunungkidul. Deretan pegunungan karst, keindahan goa dan sungai bawah tanah, serta pantainya yang menghadap Samudera Indonesia bisa menjadi pilihan liburan yang mengasyikan. Dua hari adalah waktu yang pas untuk menjelajah Gunungkidul.
Diantara banyaknya destinasi wisata yang menarik di Gunungkidul, terdapat dua tempat yang dikenal sebagai primadona wisata Gunungkidul. Yap! Gunung Api Purba Nglanggeran dan Goa Pindul selalu mengundang rasa penasaran wisatawan yang berkunjung ke Jogja.
Gunung Api Purba Nglanggeran, Indahnya Yogyakarta dari Atas Puncak
Desa Nglanggeran menjadi tempat dimana gunungapi purba menjulang kokoh. Ekowisata ini dikelola oleh masyarakat dengan konsep untuk menyejahterakan masyarakat lokal setempat. Gunung purba ini berupa bukit batu dengan sejumlah puncak yang berdiri gagah pada ketinggian 200 hingga 700 meter diatas permukaan laut. Jalan setapak pendakian telah tersedia hingga mencapai puncak dari gunung purba ini. Biasanya, durasi wisatawan untuk mendaki hingga puncak adalah satu jam.
Susah payah pun terbayar. Di puncak batu, pengunjung bisa menikmati pemandangan eksotis. Yogyakarta terlihat menghampar luas bersama hijaunya pepohonan. Dinding batu pada bukit di kanan dan kiri seolah menjadi bingkai bagi pemandangan luar biasa itu. Terdapat beberapa titik gardu pandang yang menarik untuk melihat pemandangan sekitar gunung api purba. Dari gardu pandang itu pula, pendaki bisa menikmati kegagahan Gunung Limajari. Gunung Limajari adalah sebuah gunung yang berada di seberang gardu pandang. Puncaknya berupa batu-batu besar yang membentuk dinding dengan lekukan menyerupai jari tangan. Mungkin itulah asal usul mengapa gunung itu diberi nama Gunung Limajari.
Sebaiknya pendakian Gunung Api Purba dimulai di pagi hari sehingga anda dapat melanjutkan penjelajahan wisata di Gunungkidul pada siang harinya. Usai mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran, waktunya untuk makan siang. Salah satu kuliner popular di Gunungkidul adalah nasi merah. Nasi merah ini biasanya dipadu dengan lauk ayam bakar, babat, ikan wader goreng, terancam, dan sambal Lombok ijo.  Tak sulit untuk mencari tempat makan dengan sajian khas Gunungkidul ini, salah satu yang terkenal adalah Warung Pari Gogo. Selain nasi merah, hidangan khas Gunungkidul adalah belalang goreng. Untuk anda yang menyukai kuliner unik, anda harus mencoba belalang goreng Gunungkidul.

Mengalir Susuri Sungai Bawah Tanah Goa Pindul
Destinasi kedua yang dikunjungi di Gunungkidul adalah Goa Pindul. Gunungkidul memang terkenal memiliki banyak goa. Beberapa diantaranya merupakan aliran sungai bawah tanah. Goa Pindul sendiri memiliki aliran sungai bawah tanah sepanjang 350 meter yang terbagi menjadi 3 zona: terang, remang, gelap. Zona terang terletak beberapa meter dari bibir goa, dan semakin masuk ke dalamnya maka anda akan memasuki zona yang semakin gelap.
Eksplorasi Goa Pindul sebagai tempat wisata telah dimulai sejak tahun 2010. Goa ini juga disebut sebagai satu diantara tujuh sumur bawah tanah di Gunungkidul. Di Goa Pindul, pengunjung dibawa masuk melalui pintu goa yang juga sumur kelima dan keluar melalui pintu di sumur keenam. Pengunjung akan mengarungi aliran sungai di Goa Pindul dengan menggunakan ban dalam atau tubing.
Sepanjang perjalanan di dalam goa pengunjung akan menemui keindahan stalaktit dan stalakmit. Di dalam goa, terdapat dua stalaktit besar. Satu diantaranya memiliki diameter 2 meter serta panjang lima meter hingga hampir menyentuh permukaan air. Satu lagi stalaktit yang lebih besar disebut soko guru gunung, dan stalaktit ini telah menyentuh permukaan air sungai Goa Pindul.
Yuk jelajahi alam Gunungkidul!

                
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner