Sabtu, 07 Oktober 2017

261 Tahun Yogyakarta Selalu Istimewa

Artikel oleh : Suzash Gribisy

Yogyakarta, atau juga akrab disebut dengan Kota Jogja pada hari ini genap berusia 261 tahun. Di usianya yang semakin hari semakin berumur, Yogyakarta merupakan kota yang menjadi nadi kehidupan para penduduknya. Bukan hanya bagi penduduk aslinya, slogan ‘Yogya Istimewa’ juga memanggil-manggil setiap orang untuk datang berkunjung ke kota ini. Yogyakarta memang istimewa dari berbagai sisi, mulai dari wisata, kuliner, suasana, dan juga ramah tamah masyarakatnya. Tak heran, kota yang juga disebut dengan Kota Gudeg ini harus dijadikan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.
                Akan tetapi, untuk kamu yang baru pertama kali ke Jogja, jangan kaget karena Jogja benar-benar nyaman dan istimewa. Mau tahu apa saja yang istimewa dari kota ini? Coba deh kita simak.

Nafas Intelektual Setiap Sudut Kota
                Pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Yogyakarta kota pelajar. Banyak sekali sekolah-sekolah dan kampus yang berdiri di kota ini. Hal itu membuat banyak sekali para pelajar dari seluruh penjuru datang untuk menuntut ilmu di kota ini. Pendidikan yang berkembang di kota Yogyakarta ini terjadi karena peran dari para tokoh-tokoh besar yang sering kita dengar namanya. Sebut saja, Ki Hajar Dewantara. Tokoh yang hari lahirnya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional ini berjasa untuk pendidikan, khususnya di kota Yogyakarta. Beliau mendirikan Sekolah Taman Siswa pada tahun 1922. Rumah kediaman Ki Hajar Dewantara di daerah Taman Siswa kemudian diabadikan menjadi Museum Kirti Griya. Di dalamnya menceritakan kronologi kehidupan dan pemikiran Ki Hajar Dewantara yang mungkin sekali didalami oleh wisatawan. Museum Kirti Griya ini wajib dikunjungi oleh kamu yang penasaran dengan pemikiran-pemikiran hebat Ki Hadjar Dewantara sehingga dapat menginspirasi para pelajar kota Yogyakarta.
                Ada juga tokoh K.H. Ahmad Dahlan. Jika kamu berkunjung ke daerah Kauman, kemudian singgah di Masjid Gede Kauman, di sanalah tertinggal jejak-jejak perjuangannya. Tokoh yang mendirikan organisasi Muhammadiyah ini, berkontribusi juga untuk pendidikan di Yogyakarta dan di Indonesia. Banyak sekolah-sekolah yang berdiri berkat jasa K.H. Ahmad Dahlan.

Kolaborasi antara Destinasi Wisata dan Keramahan Warga
                Jika berlibur ke Yogyakarta, kamu bisa menikmati pemandangan alam di pantai-pantai Gunungkidul, menikmati sunset di Candi Ijo, atau berwisata belanja ke Malioboro. Menikmati nuansa sore di Kotagede dan menghirup udara segar di sana juga merupakan suasana yang syahdu didapatkan di Yogyakarta. Tidak lupa, keramahan warganya juga melengkapi rasa nyaman dalam berlibur di kota ini. Kamu tidak perlu khawatir jika kamu tersesat dan tidak tahu arah jalan pulang menuju tempat menginapmu, warga Jogja dengan ramah akan membantumu. Bila kamu bingung di jalan, tidak tahu arah suatu tempat tertentu, jangan panik. Bertanyalah pada salah satu warga yang ada di dekatmu, pasti akan senang hati mengarahkan agar kamu tidak bingung lagi, bahkan ada warga yang rela mengantarkanmu sampai tempat tujuan.

Beragam Kuliner dari Pagi Sampai Malam
                Seperti destinasi wisatanya yang beragam, yang bikin Yogyakarta Istimewa adalah kulinernya. Di Jogja, selalu ada kuliner yang patut dicoba dari pagi hingga malam hari. Pada pagi hari, kamu bisa menikmati pemandangan sawah terbentang di dekat Candi Sambisari sambil menimati hangatnya Soto Bathok Mbah Karto yang super murah. Tempatnya yang luas dan sederhana menambah suasana pedesaan yang khas. Jika pada siang hari setelah berkunjung ke destinasi-destinasi pilihan, kamu juga bisa menikmati pilihan kuliner khas Yogyakarta. Di sepanjang jalan wijilan terdapat kuliner yang palin gpopuler, enak, dan murah yaitu gudeg. Kawasan Wijilan dan Barek adalah daerah yang paling kondang sebagai sentra gudeg di Jogja. Kamu bisa menikmatinya di sana. Bagi kamu pecinta sate kambing, kamu bisa mampir ke Sate Klathak Pak Pong yang menyajikan sate spesial yang tak akan kamu temukan di tempat lain. Sate ini memiliki rasa khas yang nikmat. Berbeda dari sate biasanya, sate kambing di sini tidak menggunakan tusuk sate biasa, namun menggunakan jeruji besi sepeda. Konon katanya, ini bisa membuat dagingnya matang merata. Wah nikmat sekali, ya!
                Menjelang malam hari, kamu bisa menikmati suasana malam kota Jogja yang istimewa dengan menyantap hidangan-hidangan khas angkringan kopi joss. Di sana kamu bisa menikmati kopi arang yang khas, susu jahe hangat, nasi kucing yang harganya sangat terjangkau, berbagai macam sate-satean, dan gorengan yang menemanimu menikmati suasana kota. Kebayang kan, betapa istimewanya Jogja bila dinikmati bersama orang-orang terdekatmu?


Itulah sedikit di antara banyak sekali keistimewaan Yogyakarta. Sudah 261 tahun Yogyakarta berhati nyaman. Dirgahayu Yogyakarta, semoga tetap menjadi kota istimewa di hati masyarakatnya. Nah, untukmu yang belum pernah merasakan kehangatan di kota ini, jangan sungkan untuk berkunjung dan menikmati indahnya kota ini, ya!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner