Rabu, 04 Oktober 2017

Yuk, Intip Rahasia dan Alasan Untuk Mampir Ke Candi Barong!

Artikel oleh : Suzash Gribisy

Candi Barong adalah salah satu destinasi wisata candi yang terletak di Candi Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini bercorak Hindu dan didirikan pada sekitar abad ke-9 serta merupakan peninggalan dari kerajaan Medang periode Mataram. Kekayaan destinasi wisata candi yang satu ini juga wajib disinggahi ketika teman-teman plesir ke Yogyakarta. Ada hal-hal menarik yang harus kamu tahu nih tentang serba-serbi Candi Barong! Yuk simak!


Suasana Candi Barong Masih Segar
Dibandingkan dengan candi besar seperti Prambanan, candi Barong masih cenderung sedikit pengunjung. Namun, pengunjung yang sedikit tidak berarti destinasinya tidak menarik lho! Justru terdapat sisi baik dari destinasi candi yang masih sedikit pengunjungnya. Pertama, suasana di dalam candi masih segar dan kita dapat menikmati pemandangan serta suasana candi dengan maksimal. Kedua, kita bisa melihat dan mendalami sejarah dari candi peninggalan agama Hindu ini. Bentuk candi Barong merupakan punden berundak, berbeda dengan candi-candi lain di Jawa Tengah. Candi Barong memiliki tiga teras yang dapat kita jelajahi. Dari atas candi kita bisa melihat pemandangan yang indah sekali di sekelilingnya. Coba deh, jelajahi candinya dan hirup udara dari sana. Pasti masih sangat segar!


Candi Barong Dulu Sempat Hilang dan Dipugar Kembali
Bahagia nggak sih, kalau kita bisa menemukan sesuatu yang berharga setelah lama hilang? Bahagia kan? Nah, itu yang seharusnya kita rasakan ketika Candi Barong ini ditemukan lagi pada abad ke-20 dalam kondisi yang runtuh oleh Belanda ketika akan melakukan perluasan daerah untuk perkebunan tebu pada tahun 1913. Candi Barong mulai dipugar pada tahun 1987.
Satu fakta yang harus kamu ketahui, bangunan candi barong ini tidak memiliki pintu masuk ke tubuh candi karena candi ini tidak punya ruangan. Kini hanya tersisa relung-relung yang kosong; relung candi ya, bukan relung hati. Konon katanya, dulu sekali pernah ada arca yang ditempatkan di sana namun sekarang sudah tidak tersisa. Pada saat pemugarannya dulu, terdapat tiga arca dewi dan empat arca dewa yang berciri Syiwaistik. Namun, sekarang sudah tidak tersisa lagi. Sedih sekali, ya. Penasaran bagaimana bentuk candinya? Datang langsung ke candi Barong akan menjawab rasa penasaranmu untuk menjelajahi warisan nenek moyang yang dulu sempat hilang dan kini ditemukan lagi.



Menikmati Momen Sunset Candi Barong yang Syahdu
Wah, satu rahasia lagi yang harus kamu tahu. Waktu yang paling asyik untuk berkunjung ke Candi Barong adalah saat siang menjelang sore hari. Bersama orang tersayang, kita bisa mengunjungi teras paling puncak dan dapat menjadi saksi bergantinya hari dan terbenamnya matahari. Momen ini sangat pantas untuk diabadikan dengan kamera. Dapat dipastikan, hasi hunting foto sunset di Candi Barong akan Instagramable dan membuat feeds instagram kamu indah biar dibilang people jaman now.

Jadi, jangan lewatkan Candi Barong sebagai pilihan kunjunganmu ketika di Jogja ya!
#ExploreAndAmazed
Disclaimer : Pastikan kamu liburan di Jogja bersama tour guide Jogja yang berpengalaman dan handal di bidangnya, tak lain dan tak bukan adalah Travel Mates.
Sumber yang diacu : candi.perpusnas.go.id , telusurindonesia.com 

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner