Jumat, 03 November 2017

Starter Pack Buat Kamu yang Belum Pernah Nyobain Sajian Kuliner Khas Yogyakarta

Yogyakarta adalah salah satu kota yang memiliki potensi wisata yang sangat melimpah. Saat ini Yogyakarta banyak mengembangkan potensi pada sektor pariwisata dengan mengembangkan tempat-tempat wisata baru, baik itu wisata alam mau pun wisata budaya. Terbukti banyak tempat-tempat wisata yang tadinya ‘hidden paradise’, sekarang mulai banyak didatangi wisatawan dari dalam dan luar Jogja. Sadar akan potensi yang dimilikinya, masyarakat Yogyakarta juga mengembangkan satu jenis wisata yang juga tidak kalah menarik. Jelajah kuliner juga menjadi tujuan liburan ke Jogja yang menarik bagi para wisatawan pengalaman rasa yang belum pernah dirasakan hanya ada di Jogja.
Seperti destinasi wisatanya yang beragam, yang bikin Yogyakarta menjadi istimewa adalah kulinernya. Di Jogja, selalu ada kuliner yang patut dicoba dari pagi hingga malam hari. Mau tahu kuliner apa saja yang wajib kamu coba? Berikut Travel Mates sajikan beberapa kuliner untuk kamu harus cobain ketika pertama kali liburan ke Jogja!

Soto Bathok Mbah Karto

Entah resep rahasia apa yang dimiliki Mbah Karto, pokok'e maknyus!

Pada pagi hari, kamu bisa menikmati pemandangan sawah terbentang di dekat Candi Sambisari sambil menimati hangatnya Soto Bathok Mbah Karto. Soto di sini sangat unik karena disajikan dengan bathok kelapa. Rasa sotonya yang sangat enak akan tambah lezat apabila ditambah dengan menyantap tempe goreng. Sarapan yang sempurna. Warung soto bathok ini pun luas dan sederhana menambah nuansa pedesaan sehingga cocok untuk bersantai dan menghirup udara segar pagi hari.

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Huh-haaah, merconnya kerasa banget~

Nasi putih hangat ditambah oseng-oseng super pedas meledak di mulut. Kikilnya yang lezat dicampur berbagai macam rempah yang menggoyang lidah, membuat kita terlena dan terus melahap santapan lezat ini. Pastikan kamu yang suka pedas mencoba kuliner di warung oseng-oseng mercon milik Bu Narti. Kuliner ini sudah berdiri sejak tahun 1998. Warung Bu Narti berada di daerah Kauman, Yogyakarta. Buka setiap pukul 17.00 hingga pukul 23.00 WIB. Datang dan rasakan sendiri oseng-oseng racikan Bu Narti ini akan meluluh lantakkan kita; membuat mata menangis dan peluh bercucuran karena kepedesan.


Sate Klathak Pak Pong


Kenikmatan tiada tara, uenak'e pol.

Bagi kamu pecinta sate kambing, kamu bisa mampir ke Sate Klathak Pak Pong yang menyajikan sate spesial yang tak akan kamu temukan di tempat lain. Sate ini memiliki rasa khas yang nikmat. Berbeda dari sate biasanya, sate kambing di sini tidak menggunakan tusuk sate biasa, namun menggunakan jeruji besi sepeda. Konon katanya, ini bisa membuat dagingnya matang merata. Nikmat sekali.

Angkringan Kopi Joss Lik Man

Nongkrong syahdu di angkringan.

                Menikmati senja hingga malam hari di sepanjang malioboro tidak lengkap rasanya bila tak mampir di Angkringan Kopi Joss Lik Man. Selalu ada yang istimewa di angkringan. Walaupun tempatnya sederhana, namun kehangatan yang didapatkan luar biasa. Yang khas dari angkringan kopi joss milik Lik Man ini adalah secangkir kopi yang disajikan dengan arang panas. Sruputan pertama akan langsung hangat dirasakan. Selain kopinya, angkringan juga menyediakan berbagai jenis nasi kucing yang harganya sangat murah, hanya sekitar seribu hingga dua ribu rupiah per bungkus. Ada juga pilihan berbagai macam sate, seperti sate telur puyuh, sate kulit, sate usus, sate jamur, dan berbagai macam kudapan juga tersedia di sini. Kamu harus mencoba kehangatan di warung angkringan ini sembari menikmati pergantian hari.

Gudeg Pawon

Cita rasa masakan rumah khas Jogja. Dibuat dengan penuh cinta :3

Apabila kita membicarakan tentang kuliner di Yogyakarta, tidak lengkap rasanya apabila kita tidak menyebutkan gudeg. Seperti yang kita tahu, gudeg sudah menjadi makanan khas yang wajib dicoba apabila sedang mengunjungi Yogyakarta. Gudeg tentu banyak ditemukan di seluruh Yogyakarta. Apabila kamu ingin mencoba gudeg yang sedikit berbeda, kamu bisa mencoba datang ke Gudeg Pawon.
Gudeg Pawon merupakan salah satu tempat wisata kuliner istimewa di Yogyakarta yang buka pada malam hari pukul 22.30. Gudeg Pawon sudah berdiri sejak tahun 1958. Dinamakan gudeg pawon karena pembeli dilayani langsung dari pawon atau dalam bahasa Indonesia berarti dapur. Kamu bisa menyaksikan tungku yang digunakan untuk memasak gudeg. Namun, kamu harus bersabar apabila hendak menyantap gudeg di sini karena Gudeg Pawon selalu kebanjiran antrean. Tempatnya yang sederhana dan hangat menambah kenikmatan cita rasa dari gudeg ini. Namun, kamu harus bersabar karena gudeg pawon ini selalu kebanjiran antrean. Tak heran jika banyak sekali yang ingin menikmati kuliner khas Yogyakarta itu di sini.


Sebenarnya masih banyak kuliner yang patut kamu coba di Yogyakarta. So, jangan ragu untuk berlibur di Yogyakarta. Yuk liburan ke Jogja dan pastikan Travel Mates yang menemani kamu berwisata dan berkuliner ria. Sampai jumpa di Jogja, ya!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner