Sabtu, 26 Mei 2018

Ingin Liburan di Taman Dunia? Kawasan Geopark Gunung Sewu Saja!





Artikel oleh : Fitria Yusrifa
Beberapa tahun belakangan, Kawasan Gunung Sewu menjadi primadona di dunia wisata Yogyakarta-Jawa Tengah-Jawa Timur. Bagaimana tidak? Selain menyajikan aneka destinasi wisata tersembunyi, kawasan taman alam ini pun semakin dilengkapi dengan wahana belajar untuk para wisatawan. Bukan rahasia lagi bahwa deretan pantai yang ada di kawasan Gunung Sewu menjadi magnet utama bagi para wisatawan untuk mengunjungi kawasan Geopark ini. Namun, tahukah Anda bahwa masih banyak yang bisa dieksplorasi dari kawasan Geopark ini?

Seperti gelar geopark yang disematkan ke dalam namanya, Kawasan Gunung Sewu tidak hanya terdiri dari aneka wahana wisata, melainkan juga cagar alam yang menyimpan beragam potensi. Dahulunya, kawasan Gunung Sewu yang membentang dari Gunungkidul hingga ke Pacitan, Jawa Timur ini adalah daerah yang gersang dan tidak banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Padahal, beragam potensi terkandung di kawasan ini. Kawasan ini juga menjadi saksi bisu peradaban manusia purba yang dahulu hidup di sekitar laut selatan.

Salah satu yang dapat menjelaskan posisi penting geopark Gunung Sewu dalam sejarah ilmu pengetahuan ini adalah keberadaan Museum Karst Indonesia di Wonogiri. Di museum tersebut, Anda dapat mempelajari sejarah Pegunungan Sewu berikut perkembangannya dari masa ke masa. Museum Karst Indonesia bahkan didaulat sebagai salah satu museum karst terlengkap di dunia. Seperti yang selama ini diketahui, kawasan Pegunungan Sewu memang didominasi oleh perbukitan kapur yang telah ada sejak ribuan tahun lalu.


Berkat adanya perbukitan kapur tersebut, hadir pula goa-goa yang kini banyak difungsikan sebagai destinasi wisata oleh warga. Salah satu goa yang terkenal di kawasan ini adalah Goa Jomblang yang menyajikan cahaya surga bagi wisatawan yang datang ke sana. Tidak hanya goa, Kawasan Pegunungan Sewu juga memiliki banyak air terjun tersembunyi, seperti Air Terjun Sri Gethuk di sungai Oyo. Nah, bagi Anda yang tertarik menguji adrenalin sekaligus menikmati Jogja dari ketinggian, berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran adalah salah satu pilihan terbaik. Di atas puncaknya, Anda bisa menikmati pemandangan berupa pahatan gunung api purba beserta Embung dan Taman Buah Nglanggeran. Sangat sayang untuk dilewatkan, bukan?

Perjalanan ke Kawasan Geopark Gunung Sewu ini tak akan lengkap rasanya tanpa pemandu yang sekaligus dapat menjadi teman perjalanan terbaik bagi Anda. Nah, Travel Mates adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu untuk berlibur di Jogja. Jalan-jalan bareng Travel Mates dan ciptakan momen liburan yang tidak terlupakan di Jogja. Tunggu apalagi, segera rancang liburan berkesan Anda di Jogja dan sekitarnya hanya bersama Travel Mates.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner