Senin, 14 Mei 2018

Rayakan World Heritage Day, Travel Mates Helat Field Trip Cagar Budaya Bersama Milenials


Peserta World Heritage Day saat mengunjungi Candi Pawon.

Sebagai salah satu start up yang berkembang di bidang pariwisata, Travel Mates kembali berkolaborasi dengan instansi-instansi kebudayaan dan pariwisata dalam merayakan World Heritage Day. Bekerjasama dengan UNESCO, Balai Konservasi Borobudur dan Komunitas Malam Museum, Travel Mates mengajak siswa sekolah yang tergabung dalam komunitas kepramukaan dan para socmed influencer seperti GENPI Jogja. Mengusung konsep pembentukan kesadaran akan pentingnya pelestarian cagar budaya, acara ini sukses digelar pada tanggal 15 April 2018 silam.

Acara dikemas dalam bentuk field trip dan kunjungan ke situs cagar budaya di kawasan Borobudur. Beberapa lokasi menjadi tujuan field trip kali ini, di antaranya studio sejarah konservasi Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Galeri Komunitas Desa Karanganyar Borobudur, dan Candi Borobudur, sebagai situs Buddha terbesar di Indonesia. Seluruh destinasi di atas merupakan warisan leluhur yang harus dijaga, sekaligus menjadi identitas bangsa yang membanggakan. Pembentukan kesadaran akan pentingnya pelestarian cagar budaya dinilai perlu, terutama bagi generasi muda Indonesia yang kelak akan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa. Tak hanya itu, dengan melibatkan rasa memiliki cagar budaya serta kesadaran penuh untuk menjaga, diharapkan nantinya para generasi muda lebih bersemangat dalam upaya melestarikan kebudayaan dan warisan leluhur. Langkah ini juga mampu menjadi batu pijakan bagi pemuda Indonesia untuk menunjukkan wajahnya di hadapan dunia.

Para siswa pramuka memperhatikan penjelasan yang disampaikan.

Kehadiran UNESCO dan berbagai Balai Konservasi Borobudur dalam kegiatan ini dinilai mampu menjadi satu pemantik semangat para generasi muda untuk mengupayakan perlindungan cagar budaya sejak dini. Tidak hanya itu, hadirnya berbagai cagar budaya yang telah dikonservasi dinilai selama ini hanya dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Dengan turut mengundang GenPI Jogja atau Generasi Pesona Indonesia Jogja, kegiatan ini memang dimaksimalkan untuk mengoptimalkan kembali fungsi cagar budaya sebagai sarana rekreasi sekaligus edukasi.
Pemandu Travel Mates menceritakan mengenai sejarah pemugaran Candi Borobudur.

Sambutan terhadap acara ini sangat besar. Terlihat dari antusiasme yang ditunjukkan oleh para peserta yang mengikuti seluruh rangkaian acara. Tidak hanya sekedar mengikuti field trip, peserta juga aktif berkontribusi melalui dialog dan tanya jawab selama kunjungan. Travel Mates selaku penyelenggara acara juga turut menyebarkan getar positif melalui panduan dan langkah edukatif yang diberikan kepada seluruh peserta. Kegiatan ini juga diharapkan dapat rutin dilaksanakan secara berkala dengan semangat pelestarian cagar budaya.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner