Sabtu, 02 Juni 2018

Pantai Goa Cemara: Tirai Cemara di Bibir Pantai Selatan

Bosen ngajak kekasih di mall? Main dong ke Jogja~

Oleh : Fitria Yusrifa
Sentuhan angin laut selatan menjadi penyambut kedatangan wisatawan di pantai ini. Jalanan aspal tergelar di tepian pantai, sebelum memasuki lokasi. Tidak sulit menemukan pantai Goa Cemara di antara deretan pantai selatan Bantul. Sesuai namanya, pengunjung bisa menikmati nuansa teduh yang dihadirkan deretan pohon cemara di pantai ini. Spot ini juga menjadi lokasi favorit bagi para pengunjung untuk berfoto ria. Selain instagenic, Pantai Goa Cemara terlihat lebih teduh daripada pantai-pantai di sekitarnya yang minim pepohonan.

Nama Pantai Goa Cemara memang tidak sepopuler Pantai Parangtritis. Namun, siapapun yang berkunjung ke pantai ini pasti setuju bahwa atmosfer kehangatan khas Jogja begitu kental terasa. Pantai Goa Cemara beralamat di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung hanya memerlukan waktu sekitar satu setengah jam untuk sampai di pantai ini apabila bertolak dari pusat kota Jogja. Akses menuju pantai ini pun tidak sulit dijangkau, bahkan tersedia pula beberapa penginapan yang akan menunjang kebutuhan berlibur bagi wisatawan yang bertolak dari luar kota. Pantai ini juga berlokasi tidak jauh dari landasan pacu pantai Depok, sehingga sekali melakukan perjalanan ke pantai ini, pengunjung bisa mengarahkan tujuan ke beberapa destinasi wisata di sekitarnya.

Sunset cantik di Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemata tak hanya menyajikan koridor alami berupa pohon-pohon cemara. Pengunjung juga bisa menikmati aneka atraksi budaya yang dihelat setiap tahunnya. Keberadaan Pantai Goa Cemara memang sering dikaitkan dengan mitos Nyi Roro Kidul. Sehingga, atraksi budaya yang dihelat pun tidak berjarak jauh dari mitos tersebut. Beberapa atraksi budaya tersebut di antaranya Lelabuhan yang rutin dilaksanakan setiap tahun baru Hijriyah atau dikenal pula dengan 1 Suro pada penanggalan jawa. Pada perhelatan tersebut, warga mengarak sebuah boneka mirip kambing yang diberi nama Kambing Kendhit.

Pantai Goa Cemara juga memiliki spot menarik, wisatawan juga bisa menikmati keindahan laut selatan dari atas Mercusuar yang memiliki tinggi 40 meter. Namun, ada biaya tambahan, lho! Wisatawan juga diminta antre karena untuk sekali masuk ke dalam mercusuar hanya dibatasi untuk dua orang saja. Dengan demikian pula, pengunjung juga diharapkan tidak berlama-lama berada di mercusuar karena harus bergantian dengan pengunjung lainnya.

Fasilitas lain yang disediakan adalah area parker, toilet, dan kamar mandi, serta mushola. Bahkan, tersedia juga fasilitas ATV bagi pengunjung yang ingin berkeliling pantai. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menyantap aneka kuliner khas Bantul, pantai ini adalah surganya. Menarik, bukan? Nah, bagi Anda yang tertarik menikmati keindahan pantai Goa Cemara, yuk rencanakan liburan berkesan ke Jogja bersama Travel Mates. Travel Mates akan memandu perjalanan Anda menikmati seisi kota Jogja dengan keramahan dan keakraban tiada dua. Tunggu apalagi, segera rancang liburan berkesan Anda bersama Travel Mates melalui narahubung yang tersedia di berbagai media sosial Travel Mates ya.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner